Sabtu, 20 April 2024, 2:09 PM
Welcome Tamu | RSS

PPGT Jemaat Tamalanrea

Agnostik ( tidak percaya agama tapi percaya Tuhan ) - Forum

[ New messages · Members · Forum rules · Search · RSS ]
  • Page 1 of 1
  • 1
Forum » Campursari (Berita Terbaru) » Berita Terbaru » Agnostik ( tidak percaya agama tapi percaya Tuhan ) (Agnostic, pemikiran jalan tengah?)
Agnostik ( tidak percaya agama tapi percaya Tuhan )
AdministratorDate: Rabu, 02 May 2012, 10:05 PM | Message # 1
Group: Administrator
Messages: 5127
Awards: 2
Reputation: 14
Status: Tidak Onlen
Menurut Kamus Bahasa Indonesia keluaran Pusat Bahasa, agnostic dideskripsikan sebagai “ Orang yg berpendapat bahwa tiada sesuatu yg dapat diketahui tentang Tuhan selain dari hal-hal kebendaan. ” Sementara Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikannya sebagai “ Orang yang berpandangan bahwa kebenaran tertinggi (misal Tuhan) tidak dapat diketahui dan mungkin tidak dapat diketahui. ”

Agnostic bukanlah orang murtad atau menghujat Tuhan seperti orang Ateis.

Kita simak kata Clarence Darrow (1857 – 1938), seorang penganut Agnostik.




“Aku tidak menganggap bahwa disebut agnostic adalah hinaan, tetapi itu lebih merupakan pujian. Aku tidak berpura-pura tahu ketika banyak orang yang tidak tahu justru yakin.”

Kita simak lagi apa kata penganutnya yang lain, Robert Green Ingersoll (1833-1899). ;



“Aku percaya bahwa kebahagiaan adalah satu-satunya hal baik, dan cara untuk bisa bahagia adalah membuat orang lain bahagia ”

Pemikiran Agnostik tentang dosa :

“ Ga ada yg namanya dosa, yg ada perbuatan yg tidak baik. Yg termasuk dalam perbuatan yg tidak baik antara lain:

Menyakiti atau merugikan sesama, sadar atau engga.

Menyakiti makhluk lain.

Melakukan sesuatu yg secara ga langsung berdampak buruk buat sesama

Melanggar hukum/norma resmi di lingkungan sekitar

Mungkin masih ada sih yg lain sih, saat ini cuman kepikir segitu. Bottom line is, gue gak ada tanggung jawab sama tuhan/dewa dewi/whatever. Tanggung jawab gue sama hidup gue sendiri, sesama manusia dan lingkungan sekitar. Kalo gue merasa guilty karena gue berbuat salah, gue merasa guilty bukan karena gue takut masuk neraka atau takut dimarahin tuhan, tapi emang karena gue berbuat salah, plain and simple. “

“ gw bukan agnostik, tapi kalau gw agnostic, mungkin gw akan menganggap dosa itu sebagai rasa bersalah [guilty] karena telah melakukan yang suatu masyarakat anggap itu tidak baik atau melanggar norma2 yang udah terbentuk dalam masyarakat sejak dulu, sehingga perasaan bersalah itu menjadi beban bagi diri kita sendiri.”

“ Kalo gw agnostic, gw juga bakal ngerasa dosa itu = guilty. Karena pada dasarnya semua manusia, aturan hidup bersosial itu adalah norma dan guilty itu juga bakal kepentok sama norma itu sendiri, makanya sekalipun gw hanya agnostik misalkan, gw bakal tetep mengikuti norma yang ada “

“ Kalo gw agnostik gw juga akan menghargai mereka yang para theis, monotheis, polytheis, pluralis karena gw merasa bahwa gw dan mereka adalah sama, sama-sama mempercayai ada-nya suatu entitas yang lebih besar di belakang manusia, beda-nya mereka berjalan lewat jalur organisasi [resmi la istilah-nya] sedangkan kan berjalan dengan jalur bebas. ”


Pemikiran Agnostik tentang karma

“ ….kalau apa yang kamu tabur tetep aja bakal kamu tuai, jangan harap kalo lu males mau jadi kaya, jangan harep klo lo tukang bohong mau dipercaya, jangan harap bencana alam gak bakal terjadi kalau lu gak jaga alam, maka-nya gw bilang semua tergantung dari diri kita sendiri, dan untuk apa yang buruk terjadi adalah akibat perbuatan kita sendiri, jadi jangan pernah deh nyalain si takdir, kasian takdir di kambing hitamkan, cere salain takdir, orang mati salain takdir, bencana alam salain takdir. “

“ betul tuh, karma itu sekalipun kita seorang yang agnsotik pasti ada karena relasi karma itu bukan karena agama, tapi karena kehidupan. ky contoh diatas, kalo elu sering bohong, ya akibatnya elu dicap sebagai pembohong kalo udah dicap pembohong, secara ngga langsung juga elu membohongi diri sendiri dan akibatnya elu sendiri yang kena batunya, sekalipun elu ngomong kebenaran suatu saat nanti ya bakalan ga ada yang percaya “.

Sangat jelas dan gamblang cara berpikir mereka , masuk akal serta brilian, mirip cara berpikir Ateis. Kenapa mereka memilih Agnostik…? Dari beberapa pemikiran yang saya copas, sangat jelas, mereka tak mau terkotak kotak, apalagi diperalat sama yang namanya agama. Kejujuran dan apa adanya serta bersosialisasi dengan mahluk lain, adalah inti dari kehidupan yang sebenarnya daripada sekedar ber-agama. Mereka tak mau menerima dogma dogma atau doktrin agama begitu saja tanpa nalar yang jelas. Keyakinan adalah sesuatu yang absurd bagi mereka, kalau tak boleh di sebut kebohongan.

Agnostik meyakini sesuatu yang luar biasa yang menguasai segalanya di sekeliling mereka, tapi juga tidak yakin sesuatu yang luar biasa itu bisa dibuktikan ada.

Orang ber agama menyebut sesuatu yang luar biasa yang melingkupi kehidupan di dunia ini adalah TUHAN.

Sungguh kebesaran Tuhan yang luar biasa dan begitu mulia serta beragam. Maka belajar mengenal segalanya adalah kunci manusia untuk segala bentuk dalam memilih suatu kehidupannya. Jangan bicara soal salah dalam masalah ini. Karena anggapan salah dalam soal ini, adalah tak sepaham atau tak segolongan.

Tuhan telah memberikan semuanya dengan segala akibatnya. Silahkan memilih dengan segala pemikiran dan keyakinan masing masing. Maha besar Tuhan dengan segala ciptaannya.

ini sekedar informasi aja cammane, tidak mengandung unsur SARA sama sekali.. :ai:


Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14251327


 
Er-SepuluhDate: Rabu, 02 May 2012, 10:26 PM | Message # 2
Group: Administrator
Messages: 114
Awards: 2
Reputation: 90
Status: Tidak Onlen
2good 2good

ajibbbb

numpang liwat dikit....

kebanyakan yang ditemui dinegara2 barat sana (coz kbanyakan society yg sudah maju yg memiliki faham2/keyakinan yg baxk itu negara2 barat, negara2 timur msih men'suci'kan adat istiadat n bla2, shingga jarang ditemui bginian)
para Atheist sering menjerumuskan sodara2 yg gnostik (ato apakah istilahnya?pokoke yg memiliki kepercayaan/agama), mereka menjelek2kanlah pokokx anggapann mereka ttg agama itu hanyalah sebuah dongeng anak kecil, mitos, sejarah dll....nah terkadang beberapa orang yg katanya ber'iman', ber'agama' menyamakan Atheis n agnostik, karena kurangnya wawasan n ketidakterbukaan trhadap masyarakat lain....

semoga di indonesia bisa terwujud...BHINNEKA TUNGGAL IKA sejati...AMINNNN!!!!

nosara shake

bai de wei

peyek
 
Forum » Campursari (Berita Terbaru) » Berita Terbaru » Agnostik ( tidak percaya agama tapi percaya Tuhan ) (Agnostic, pemikiran jalan tengah?)
  • Page 1 of 1
  • 1
Search:

PPGT Jemaat Tamalanrea © 2024